Pendidikan Kota Pariwisata dan Budaya Kota Perijinan Kota Perhubungan Kota Kesehatan Kota Kimpraswil Kota Lingkungan Hidup Kota
SD SMP / SLTP SMA / SLTA / SMK Perguruan Tinggi
Alam Hiburan Kuliner Pantai Museum
Berbintang Losmen / Penginapan Home Stay
Apotik Rumah Sakit Klinik Kesehatan Kantor Polisi Bank dan ATM Olah Raga
Mobil Motor

SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta


Alamat :
Jl. Kapas II/7a Umbulharjo
Yogyakarta, Indonesia

Phone :
Telepon: +62-0274-514807
Fax: + 62-021-564136

Website : http://smpmuh2yk.sch.id

Email : 
1: informasi_mucil@yahoo.co.id
2 : humas@smpmuh2yk.sch.id

Gambaran Umum :


Sungguh bersejarah panjang SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, yang dulu menempati gedung Jalan Sultan Agung 14 (Jl Bintaran Lor 14). Sebagai embrio berdirinya sekolah ini dimulai dari peristiwa tahun 1937, waktu itu pertama kali di gedung Jalan Sultan Agung 14 dijadikan tempat pendidikan yang diberi nama oleh Muhammadiyah INHEEMSE MULO MUHAMMADIYAH  bersubsidi di bawah asuhan Bapak Pinandoyuo dibantu oleh Bapak H Abdulgani Dwidjosuparto, sekolah ini merupakan sekolah MULO Bumi Putera yang pertama di seluruh tanah air yang menggunakan Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.

Waktu itu Muhammadiyah memang sudah memiliki sekolah-sekolah Mulo, AMS, dan Mulo HIK di beberapa tempat, tetapi itu semua menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya. Maka boleh dikatakan bahwa Iheemse Muhammadiya merupakan perintis SMP yang kita kenal dalam negara kita ini. Dengan kata lain INHEEMSE MULO MUHAMMADIYAH di Jalan Sultan Agung 14 Yogyakarta merupakan cikal bakal berdirinya SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta sekarang ini.


Related Post:

Widget by [ BMATINDAS ]

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.
 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by GreenStreetJogja | Published by GreenStreetJogja
Proudly powered by Blogger.com