Pendidikan Kota Pariwisata dan Budaya Kota Perijinan Kota Perhubungan Kota Kesehatan Kota Kimpraswil Kota Lingkungan Hidup Kota
SD SMP / SLTP SMA / SLTA / SMK Perguruan Tinggi
Alam Hiburan Kuliner Pantai Museum
Berbintang Losmen / Penginapan Home Stay
Apotik Rumah Sakit Klinik Kesehatan Kantor Polisi Bank dan ATM Olah Raga
Mobil Motor

SD Muhammadiyah SAPEN


Alamat :
Jl. Bimokurdo No. 33 Demangan
Yogyakarta 55221, Indonesia

Phone :
Telp : (0274) - 556674
Fax : (0274) - 586031

Website : http://www.sdmuhsapen-yog.sch.id

Email : info@sdmuhsapen-yog.sch.id

Gambaran Umum : 

SD Muhammadiyah Sapen berdiri pada tahun 1 Agustus 1967. Tidak seperti sekolah-sekolah swasta sekarang yang didirikan dengan modal besar oleh pemilik atau yayasannya, SD Muhammadiyah Sapen didirikan dengan modal niat, semangat, dan keihlasan oleh para pendirinya. Diantara para tokoh yang memprakarsai berdirinya SD Muhammadiyah Sapen adalah H. Sutrisno, Drs. Marsum, M.M., Sumarno, Djazari Hisyam, S.H., Drs. Kirmadji, dan tokoh sekitar kampung Sapen yang peduli dengan pendidikan. muhammadiyah
Proses berdirinya SD Muhammadiyah Sapen sempat ditanggapi pesimis oleh warga sekitar. Perasaan pesimis itu muncul karena saat itu sama sekali tidak ada dana untuk membangun gedung dan biaya operasional sekolah sehingga SD Muhammadiyah Sapen hanya menempati mushalla berukuran 3 X 4 M kemudian berpindah ke sebuah balai RK yang sebenarnya tidak layak untuk dijadikan tempat belajar. 
Ruangannya berukuran 6 X 6 M. Semua dindingnya terbuat dari gedhek yang sudah rapuh, berlubang, dan penuh tiang penyangga agar tidak roboh. Genap sudah status SD Muhammadiyah Sapen saat itu sebagai sekolah terjelek di Daerah Istimewa Yogyakarta. 



Fasilitas : 



Lab. Komputer & Multimedia 


Laju perkembangan dan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sangat cepat. Hampir di setiap kantor, perusahaan ataupun lembaga pendidikan semuanya menggunakan komputer sebagai alat untuk menyimpan dan mengolah data. Bagi mereka yang tidak menguasai bahasa komputer maka mereka tidak akan mampu berbuat apa-apa ketika dihadapkan pada pekerjaan yang membutuhkan keahlian dalam bidang komputer.


Lab. Bahasa 
Bahasa asing merupakan dasar bagi pengembangan keilmuan. Ia merupakan kunci pembuka ilmu pengetahuan bagi anak didik. Sadar akan hal itu, maka pengajaran bahasa asing sangat ditekankan di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Pengajaran bahasa Arab pada tahun 1994 mulai diberlakukan mulai kelas empat dan bahasa Inggris pada tahun 1985 mulai diajarkan sejak kelas satu sekolah dasar. 





Lab. Musik
Untuk membina dan mengembangkan bakat para siswa, SD Muhammadiyah Sapen memiliki fasilitas Lab. Musik dengan peralatan lengkap baik alat musik pentatonis maupun diatonis. Beberapa keterampilan bermain musik dan berolah suara dibimbing oleh guru-guru yang kompeten. dari lab. musik inilah lahir Lambabina Band yang telah menorehkan prestasi baik di tingkat regional maupun nasional, juga orkestra sapen, dan paduan Suara.



Unit Kesehatan Siswa (UKS)

Unit Kesehatan Sekolah SD Muhammadiyah Sapen memiliki fasilitas berupa: peralatan medis, obat-obatan, dokter jaga setiap hari, perawat jaga setiap hari. 



Perpustakaan


Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen tampak depan

Ruang Koleksi Pustaka 


Anjungan Internet, Intranet, dan Pustaka Digital 


Perpustakaan dilengkapi fasilitas hotspot area untuk akses internet dan intranet 

 
kid corner                 ruang baca dalam        ruang baca luar 

Related Post:

Widget by [ BMATINDAS ]

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.
 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by GreenStreetJogja | Published by GreenStreetJogja
Proudly powered by Blogger.com